SAUNG PANYILEUKAN KELINCI

Sabtu, 16 Juli 2011

Fungsi Air Minum Pada Kelinci


Mungkin kita sering menemukan beberapa peternak tradisional jarang memberikan air minum pada kelinci. Seolah-olah kelinci tidak membutuhkan air minum. Padahal kebutuhan air minum mutlak bagi kelinci dan itu nyata bagi kelinci yang pakannya pakai konsetrat ataupun hay.

Air minum yang diberikan harus bersih, segar dan tidak tercemar penyakit. Pemberian air minum dikandang diusahakan jangan banyak yang tumpah sehingga dapat mengotori kandang dan tercampur dengan makanan. Diusahakan ditempatkan pada botol yang bisa manampung kebutuhan air minum kelinci selama 1-2 hari dan tidak tercampur dengan makanan ataupun kotoran kelinci itu sendiri.

Mengapa kelinci memerlukan air minum, dengan adanya air minum kelinci :
  • Membantu pecernaan
  • Mempercepat pertumbuhan
  • Menjaga keseimbangan eektrolit dalam tubuh
  • Mencegah kehausan
Kadang kali kita temukan perbandingan peternak yang kelinci diberikan air minum dengan yang tidak dikasih air minum, perbedaan kelihatan berat badan pada usia anakan maupun indukannya. Kelinci yang dikasih air minum jelas pertumbuhan akan lebih bagus dan besar. ini kelihatan jelas pada anak kelinci yang dikasih air minum tentunya lebih besar dibandingkan yang tidak diberikan air minum.

Berapa kebutuhan air minum untuk kelinci :
  • Induk kelinci yang hamil muda sedikitnya 0,27 liter/hari
  • Induk bunting tua sedikitnya 0,57 liter/hari
  • Induk menyusui dengan usia anak 6 minggu sedikitnya 2,3 liter/hari
  • Induk menyusui dengan usia anak 8 minggu sedikitnya 4,5 liter/hari
Mengapa peternak tradisional tidak memberikan air minum pada kelinci ? Hal ini dikarenakan para peternak banyak memberikan pakan/rumput segar dibandingkan konsetrat atau pakan kering. Rumput/pakan segar mengandung kadar air 80% .Berarti kalau kelinci memakan rumput segar 5 kg per hari, yang 4kg ( 4liter) adalah air.

Persediaan air minum mutlak diberikan disaat kelinci mengosumsi pakan kering , seperti pelet, hay, bekatul,dedak, bungkil kelapa dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar