SAUNG PANYILEUKAN KELINCI

Sabtu, 16 Juli 2011

indukan tidak mau menyusui


Mungkin di antara Kita ada yg memiliki permasalahan dengan indukan kelinci yg tidak mau nyusuin anaknya sehingga menyebabkan kematian pada anak kelinci tersebut. Hal ini memang kerap kali terjadi pada hewan ini. Tidak jarang seekor induk kelinci yg mampu melahirkan 5-12 anak kelinci pada akhirnya tidak memiliki seekor anakpun karena mati akibat tidak mendapat asupan susu dari induknya. Kami pernah memiliki seekor induk ygmelahirkan hingga 9-12 anak kelinci, namun pada akhirnya hanya menyisakan 1 ekor anak saja. Lalu apa yg harus Kita lakukan???


Sebelumnya kita harus tahu bahwa kelinci biasanya menyusui anaknya pada malam hari walaupun terkadang juga dilakukan pada siang hari. Namun umumnya kelinci menyusui anaknya di malam hari karena kelinci adalah hewan yg lebih aktif pada malam hari, sehingga jika Kita tidak pernah melihat kelinci menyusui anaknya, namun anak kelinci tsb mampu hidup lebih dari 2 hari maka insyallah kelinci tersebut menyusui anaknya. Kenapa???karena seekor anak kelinci yg baru lahir tidak akan mampu bertahan hidup lebih dari 1hari tanpa asupan susu dari induknya.


Terdapat perbadaan antara kelinci yg tidak mau menyusui dan kelinci yg tidak bisa menyusui. Kelinci yg tidak mau menyusui adalah kelinci yg benar2 tidak memiliki keinginan untuk menyusui anaknya. Biasanya ini terjadi pada kelinci yg baru pertama kali melahirkan(belum biasa menyusi/memiliki anak). Sedangkan kelinci yg tidak bisa menyusui anaknya adalah kelinci yg tidak memiliki cukup air susu untuk anaknya karena tidak akan mendpatkan asupan susu dari induknya dalam waktu singkat(1 hari).


Jika Kita memiliki induk kelinci yg sedang hamil, maka pastikanlah kelinci tersebut mendapatkan asupan gizi dan vitamin yg cukup. Hal ini sangatlah penting karena pengobatan/terapi yg dilakukan terhadap indukan yg tidak mau menyusui anaknya membutuhkan waktu yg cukup lama alias tidak dapat dilakukan secara instan. Sehingga jika Kita melakukan penyuntikan vitamin B12 dan memberikan asupan gizi yg cukup setelahkelinci itu melahirkan, maka hampir dapat dipastikan anak kelinci itu akan mati karena tidak akan mendapatkan susu dari induknya. Jadi untuk menanggulangi permasalahan ini adalah dengan tindakan prefentif/pencegahan bukan reaktif.
Apakah benar2 tidak ada yg dapat dilakukan ketika indukan tidak mau menyusui untuk menyelamatkan anak2nya?


Sebenarnya tidak juga, masih ada ikhtiar yg bisa Kita lakukan, yaitu :
Menitipkan anak kelinci ke induk lainya. Jika ada induk kelinci lainya yg sedang menyusui, maka Kita bisa mencoba untuk menitipkan anak kelinci yg tidak mendapatkan asupan susu dari induknya kepada kelinci tersebut. Namun perlu juga diperthatikan,
1. Jumlah anak yg akan dititipkan. Jika induk kelinci yg sedang menyusui memiliki 5 anak kelinci, maka maksimal jumlah anak kelinci yg dititipkan hanya berkisar antara 2-3. Karena induk kelinci memiliki kemampuan yg terbatas dalam menyusui anaknya.

2. Pastikan anak kelinci yg akan Kita titipkan tidak memiliki gap/perbedaan umur yg mencolok dengan anak asli/anak kandung induk kelinci. Jika terdapat perbedaan yg mencolok(lebih dari 1 minggu), maka anak kelinci yg lebih muda akan tergencet dan kalah dalam persaingan mendapatkan air susu kelinci

3. Perhatikan kesehatan dan kebutuhan gizi sang induk
Solusi lain untuk permasalah induk yg tidak mau menyusui anaknya jg bisa dilakukan dengan mengganti susu induk kelinci dengan susu formula. Tapi hal ini hanya bisa dilakukan jika sang anak telah cukup usia. Jika sang anak masih terlalu kecil, pemberian susu formula kecil kemungkinan dapat memenuhi kebutuhan gizi sang anak
Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar